Penelitian ini mengkaji efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning, PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam karya tulis ini adalah studi pustaka (library research), yaitu metode yang umum dipakai untuk mengumpulkan data melalui pemahaman dan analisis teori-teori yang diambil dari jurnal atau karya ilmiah terkait. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis literatur, di mana data dan sumber yang relevan dengan penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis. Penelitian ini menggunakan data kualitatif, karena metode studi pustaka lebih mengandalkan pada pembacaan dan penelaahan sumber-sumber jurnal untuk menjadi bahan pembahasan dalam tulisan ini. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dan ketuntasan hasil belajar siswa, dengan peningkatan yang bervariasi di setiap siklus pembelajaran. Pada beberapa studi, persentase ketuntasan belajar meningkat dari pra-siklus hingga siklus akhir, mencapai 90% atau lebih. Penerapan model PBL juga mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan kerja sama siswa. Berdasarkan temuan ini, model pembelajaran PBL direkomendasikan sebagai alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan problem-solving di tingkat sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024