Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi
Vol 10, No 2 (2024): VOLUME X NO. 2 OKTOBER 2024

PENGARUH LIVE STREAMING, DISKON HARGA, DAN ULASAN PRODUK TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSE PADA PENGGUNA PLATFORM SHOPEE DENGAN MODERASI GAYA HIDUP

Mu’ah, Mu’ah (Unknown)
Ramadhani, Mesra Amalia (Unknown)
Masram, Masram (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Belanja online merupakan suatu kegiatan yang sudah tidak asing lagi. Saat ini kebanyakan konsumen lebih memilih berbelanja online di e-commerce daripada berbelanja secara langsung. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya benefit yang didapatkan ketika berbelanja online. Saat ini live streaming sedang gencar dilakukan oleh penjual untuk mempromosikan produknya. Seperti fitur live streaming yang ada pada aplikasi shopee, fitur ini memanjakan konsumennya yaitu dengan berbelanja ketika live streaming berlangsung konsumen akan mendapatkan potongan harga dan voucher gratis ongkir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh live streaming, potongan harga, review product terhadap perilaku impulse buying pada e-commerce shopee yang dimoderasi oleh lifestyle. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian pengguna platform Shopee di wilayah Kecamatan Lamongan yang belum diketahui dengan menggunakan teknik sampling yaitu non-probability sampling atau non random sampling dan dengan purposive sampling sebanyak 95 sampel berdasarkan kriteria yang ditentukan. Data penelitian ini dianalisis menggunakan alat analisis smartPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Live Streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying, 2) Potongan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying, 3) Review Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying, 4) Lifestyle tidak memoderasi pengaruh Live Streaming terhadap penerimaan Impulsive Buying, 5) Lifestyle tidak memoderasi pengaruh Potongan Harga terhadap penerimaan Impulsive Buying, 6) Lifestyle tidak memoderasi pengaruh Review Produk terhadap penerimaan Impulsive Buying.Kata Kunci: Live Streaming, Potongan Harga, Review Produk, Impulsive Buying, Lifestyle

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

menaraekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL MENARA EKONOMI, merupakan jurnal penelitian dan kajian ilmiah yang diterbitkan Fakultas Ekonomi UMSB. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang ekonomi untuk dipublikasikan di jurnal ini. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman ...