Kepemimpinan instruksional merupakan pendekatan kepemimpinan yang berfokus pada peningkatan mutu pengajaran dan prestasi akademis siswa melalui pemberdayaan dan pendampingan bagi para pendidik. Dengan adanya kepemimpinan isntruksional dalam supervisi pendidikan dapat mendukung tujuan pendidikan dan meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan melalui pengawasan, evaluasi, perbaikan berkelanjutan dan pengembangan guru. Penelitian ini membahas tentang peran kepemimpinan instruksional dalam konteks supervisi pendidikan di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka dalam metodologi penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data meliputi analisis yang cermat, rinci, dan komprehensif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kepemimpinan instruksional berperan penting dalam meningkatkan kualitas supervisi pendidikan di sekolah. (2) Implementasi kepemimpinan instruksional yang efektif melalui strategi-strategi seperti perencanaan pengembangan profesional guru, penciptaan budaya pembelajaran, pembinaan penilaian hasil belajar, pelatihan guru, dan bimbingan. (3) Kepemimpinan instruksional kepala sekolah sangat memengaruhi efektivitas pengawasan pendidikan di lingkungan sekolah karena fokusnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pemberdayaan dan pengembangan kemampuan profesional guru.Kata kunci: Kepemimpinan Instruksional, Supervisi Pendidikan
Copyrights © 2024