Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan
Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan

STUDI KAPASITAS JALAN SOEKARNO-HATTA KOTA PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE GREENSHILD PADA SIANG HARI DAN MALAM HARI DENGAN PENCAHAYAAN LAMPU JALAN

mohammad adam (Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2014

Abstract

Lampu jalan merupakan fasilitas infrastruktur penting yang tidak dapat di pisahkan dari adanya pembangunan jalan karena lampu jalan memiliki peranan penting pada waktu malam hari untuk memberikan visibilitas yang dapat membuat pengendara merasa nyaman pada saat berkendara. Pada ruas jalan Soekarno-Hatta kota Palembang terdapat lampu jalan yang masih aktif dan beroprasi dengan baik sehingga akan di teliti apakah dengan adanya lampu jalan terdapat perbedaan kecepatan kendaraan pada saat siang hari dengan malam hari dan apakah lampu jalan memiliki pengaruh terhadap kapasitas jalan tersebut. Dalam melakukan penelitian ini digunakan metode GreenShield sehingga didaptkan hasil dari penelitian yang menyatkan bahwa untuk kecepatan siang hari 40,585 Km/jam dan 41,828 Km/jam sedangkan pada malam hari kecepatan kendaraan sebesar 51,59 Km/jam dan 48,86 Km/jam. Bila dalam persentasi, maka kecepatan kendaraan pada malam hari meningkat sebesar 27,12% dan 16,812%. Untuk perbedaan kapasitas pada jalan Soekarno-Hatta untuk kondisi siang hari dan malam hari dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode GreenShield diatas dapat disimpulkan bahwa untuk kecepatan kendaraan pada kondisi malam hari dengan adanya lampu jalan meningkat sebesar 27,12% dan 16,812% dari kondisi siang hari, dan hasil uji hipotesis menyatakan bahwa kapasitas jalan Soekarno-Hatta pada kondisi siang hari dan malam hari memiliki perbedaan yng cukup signifikan.   Kata Kunci : kecepatan, kapasitas ruas jalan, Greenshild

Copyrights © 2014