Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 2 No. 12 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Desember

STRATEGI EFEKTIF PELATIHAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI UMKM DI ERA DIGITAL

Yudi Rachman (Unknown)
Dinara Maya Julijanti (Unknown)
Darul Hikmah (Unknown)
Mita Istighfarah (Unknown)
Fitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pemasaran digital menggunakan platform e-commerce “shopee” bagi UMKM. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pemasaran digital menggunakan platform e-commerce “shopee” bagi UMKM di era digital saat ini, penting bagi UMKM untuk memanfaatkan teknologi internet dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan produk. Pemasaran digital melalui e-commerce seperti shopee, menawarkan berbagai keuntungan seperti fleksibilitas waktu, pengurangan biaya operasional, tidak perlu beriklan secara mandiri karena adanya strategi beriklan dari platform, serta tidak adanya biaya sewa toko secara fisik. Pelatihan ini dilakukan melalui beberapa tahapan sistematis, peserta dilatih untuk membuat akun merchant di shopee, yang meliputi langkah registrasi hingga pengaturan profil toko online. Setelah itu, dilakukan pelatihan mengenai cara pengambilan gambar produk yang baik dan penulisan deskripsi produk yang menarik dan informatif, agar dapat meningkatkan daya tarik bagi konsumen. Selain itu, peserta juga diberikan pelatihan mengenai cara memanfaatkan fitur live streaming di shopee untuk berinteraksi langsung dengan calon konsumen dan mempromosikan produk secara lebih interaktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...