Pemahaman konsep matematis merupakan aspek fundamental yang diperlukan untuk menguasai materi trigonometri, mengingat aplikasi luasnya dalam bidang teknik, sains, dan kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Data berupa jurnal terkait analisis kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi trigonometri siswa smk dikumpulkan melalui publish or perish dengan indeks crossref kemudian dilakukan identifikasi, analisis, dan proses review. Hasil dari penelitian ini yaitu : Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah kemampuan untuk memahami, mengorganisasi, dan menghubungkan konsep-konsep matematika secara mendalam. Dalam trigonometri, ini berarti siswa tidak hanya menghafal rumus, tetapi juga memahami prinsip-prinsip dasar yang menghubungkan fungsi trigonometri dengan geometri segitiga. Indikator pemahaman konsep matematis meliputi 1) kemampuan menjelaskan konsep dengan kata-kata sendiri, 2) menerapkan konsep dalam berbagai masalah, 3) menghubungkan konsep-konsep matematika yang berbeda, dan 4) menyelesaikan masalah dengan berbagai pendekatan. Implementasi dari pemahaman konsep matematis sangat besar, baik dalam pendidikan maupun aplikasi di dunia nyata. Siswa yang memiliki pemahaman yang kuat dapat mengatasi materi yang lebih kompleks di masa depan dan menerapkan pengetahuan matematika dalam bidang lain, seperti fisika atau teknik. Oleh karena itu, strategi pembelajaran yang efektif, seperti pembelajaran berbasis masalah, Pendekatan visual, penggunaan teknologi interaktif, dan latihan soal yang bervariasi dapat membantu siswa memahami dasar-dasar trigonometri serta menghubungkannya dengan aplikasi praktis. Selain itu, aktivitas kontekstual seperti pengukuran objek dan simulasi dapat memperkuat pemahaman siswa, sekaligus meningkatkan relevansi pembelajaran trigonometri dalam kehidupan nyata. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025