Scholastica : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 4 No 2 (2022): November

Penggunaan Metode Talking Stick Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Madrasah Ibtidaiyah

Haji, Sun (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Talking Stick, aktivitas siswa ketika diterapkan metode Talking Stick, dan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Talking Stick. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian lapangan dengan mengumpulkan data sebelum diberlakukan metode Talking Stick dan setelah diberlakukan metode Talking Stick. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, soal tes dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik MI Nurus Salafiyah Wates Lekok Pasuruan. Hasil belajar siswa kelas IV mengalami peningkatan setelah diterapkan metode Talking Stick. Hasil belajar kogntitif siswa sebelum diberi metode Talking Stick sebesar 72% dan setelah menggunakan metode Talking Stick sebesar 94%. Hasil belajar Afektif aspek jujur 21 siswa sudah membudayakan dan 13 siswa mulai berkembang, aspek disiplin 19 siswa sudah membudayakan dan 15 siswa mulai berkembang, aspek bertanggung jawab 11 siswa sudah membudayakan dan 23 siswa mulai berkembang, aspek percaya diri 18 siswa sudah membudaykan dan 16 siswa mulai berkembang. Hasil belajar Psikomotorik 26 siswa mendapat predikat nilai A dan 7 siswa predikat nilai B, serta 1 siswa predikat nilai C. Berdasarkan hasil penelitian, metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

scholastica

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Social Sciences

Description

SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of basic education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level/ Madrasah Ibtidaiyah. Besides focusing on the development of studies issues of basic education. The ...