Scholastica : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 5 No 1 (2023): Mei

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Problem Based Learning (PBL) di MI Al Islamiyah- Lekok- Pasuruan

Haji, Sun (Unknown)
Khusniah, Rif'atul (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Penerapan model pembelajaran PBL (Problem based learning) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VI MI AL Islamiyah Balunganyar Kecamatan Lekok Kabupaten pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Dalam penelitian ini di rumuskan fokus permasalahan sebagai berikut : 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI AL Islamiyah Balunganyar Lekok Kabupaten Pasuruan, 2) Apakah penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VI MI AL Islamiyah Balunganyar Lekok Kabupaten Pasuruan. Subjek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas VI MI AL Islamiyah Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan sebanyak 16 siswa. Data peneliti di peroleh dari data hasil observasi,test dan wawancara. Analisis data di lakukan dengan menggunakan rumus prosentase dan table untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah di beri tindakan. Hasil penelitian ini yakni terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas VI di MI Al Islamiyah Lekok Pasuruan melalui penerapan pembelajaran PBL. Penerapan PBL (Problem Based Learning) pada mata pelajaran IPS dimulai dengan memberikan orientasi permasalahan pada siswa untuk menarik pemahaman awal siswa sehingga siswa siap untuk berusahan menemukan sendiri solusi pemecahannya. Berbeda dengan model pembelajaran secara konvensional, model pebelajaran PBL membawa siswa kedalam proses belajar yang menuntut aktivitas seluruh aspek belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

scholastica

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Social Sciences

Description

SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of basic education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level/ Madrasah Ibtidaiyah. Besides focusing on the development of studies issues of basic education. The ...