Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique
Vol 7 No 1 (2024): Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique

PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BEMP HUMAS DALAM MENINGKATKAN MINAT MAHASISWA BERORGANISASI (SURVEI TERHADAP MAHASISWA PROGRAM STUDI HUMAS DAN KOMUNIKASI DIGITAL FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

Claracynthia, Aqilah (Unknown)
Sari, Wina Puspita (Unknown)
Putriana, Muria (Unknown)
Dewi, Andika Salsa (Unknown)
Anbiya, Muhammad Zulfan (Unknown)
Seif, Akmal Fatih (Unknown)
Surya, Beatrice Samantha (Unknown)
Sulthan, Nugraha Azka (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Instagram oleh BEMP Humas terhadap minat mahasiswa untuk bergabung dalam organisasi. Dengan pesatnya perkembangan media sosial, dampak positif dan negatifnya bagi masyarakat semakin terlihat jelas. Penggunaan media sosial yang berlebihan, khususnya Instagram, dapat memengaruhi perilaku individu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori media sosial Mayfield yang membahas tentang karakteristik media sosial dan pengukurannya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial Instagram oleh BEMP Humas memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti organisasi, dengan hasil regresi sebesar 0,797. Hal ini menunjukkan bahwa media sosial Instagram berperan penting dalam meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam organisasi dan dapat menjadi alat yang efektif dalam strategi komunikasi dan pemasaran organisasi kemahasiswaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIKQ

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Communique ini memuat artikel ilmiah yang berasal dari hasil penenelitian dan kajian komunikasi. Kajian ini berasal dari berbagai macam cakupan yakni kajian media , jurnalisme, humas, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran, dan kajian yang relevan dengan ilmu komunikasi. Jurnal ini ...