Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 4 (2024): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Analisis Aktivitas Belajar Matematika Siswa pada Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Sekolah Dasar

Arafah, Firda Nuril (Unknown)
Sumarno, S. (Unknown)
Rahayu, Lilik Puji (Unknown)
Untari, Mei Fita Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa yang masih rendah dan kurangnya kerjasama antar siswa di kelas Tujuan penelitian ini untuk menganalisis aktivitas belajar matematika siswa pada model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertempat di kelas IV SD Supriyadi 02 Semarang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD telah berhasil meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dengan baik. Ada beberapa cara mengukur aktivitas belajar siswa melalui observasi, angket, analisis produk dan rekaman video. Siswa terlibat aktif dalam berbagai aktivitas seperti melihat, berbicara, mendengarkan, menulis, dan motorik selama proses pembelajaran. Pembentukan kelompok belajar tidak hanya mendorong kerja sama di antara siswa, tetapi juga menciptakan suasana yang kolaboratif dan menyenangkan, di mana mereka dapat saling berbagi ide dan membantu satu sama lain dalam memahami materi. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...