Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 14, No 2 (2023)

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL PADA MATERI LIMBAH UNTUK SISWA KELAS X SMA

Reza, Salsabiela Praha Karima (Unknown)
Fatmawati, Umi (Unknown)
Oetomo, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2024

Abstract

Abstrak. Penanganan limbah perlu dikuasai siswa sebagai bentuk kemampuan pemecahan masalah dalam menghadapi permasalahan tentang limbah, sehingga topik ini dapat dikembangkan menjadi sumber belajar untuk melatih kemampuan problem solving siswa. Pengembangan bahan ajar ini dapat dilakukan dengan pembuatan video pembelajaran berbasis masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan video pembelajaran, mengetahui kelayakan dan mengetahui efektifitas penggunaan video dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi limbah. Desain penelitian pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) mengacu model 4D oleh Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3-D, yang meliputi tahap Define, Design, dan Develop. Teknik analisis data meliputi analisis kelayakan produk dan analisis efektifitas penggunaan media. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan mendapatkan persentase penilaian sebesar 85,61% dengan kategori sangat layak. Implementasi video pembelajaran juga menunjukkan kenaikan kemampuan pemecahan masalah siswa awal (85.4) dan kemampuan pemecahan masalah akhir (98.78). Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai probabilitas (sig) 0,001 < 0,05 artinya terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah sebelum dan sesudah implementasi video pembelajaran berbasis masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis masalah kontekstual pada materi limbah layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Abstract. Waste treatment needs to be acquired by the students which is associated with the solution of waste problems, therefore this topic can be developed as a learning resource to enhance students' problem-solving skills. This teaching material can be developed by making problem-based learning videos. This study aimed to develop learning videos, determine the feasibility, and determine the differences the effectivity of developed media to promote students' problem-solving abilities before and after implementing problem-based learning videos for class X high school students on waste management topics. The research design in this research is Research and Development (R&D) referring to the Four Door (4-D) model by Thiagarajan which is modified to 3-D, which includes the Define, Design, and Develop stages. Data analysis techniques include product feasibility analysis and effectiveness of media use in learning. The results of the research show that the developed problem-based learning videos get an assessment percentage of 85.61% in the very feasible category. The implementation of learning videos also showed an increase in students' initial problem solving abilities (85.4) and final problem solving abilities (98.78). Test results: The results of the analysis of problem-solving abilities using the Wilcoxon Signed Rank Test show that a probability value (sig) of 0.001

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Jurnal Pendidikan Biologi (JPB) publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies. ...