Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 15, No 1 (2024)

PENGARUH 5E-FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF, DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Kusumawati, Evi (Unknown)
Suwono, Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2025

Abstract

Abstrak. Untuk memecahkan masalah di kehidupan abad ke-21 yang penuh tantangan dan persaingan global perlu adanya penguasaan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif. Pembelajaran yang dirancang harus memfasiltasi proses mengkonstruksi pemahaman dan mampu menciptakan lingkungan belajar yang positif serta fleksibel. Pembelajaran inkuiri 5E Flipped-Classroom merupakan model pembelajaran yang berpendekatan konstruktivis sekaligus fleksibel diterapkan dalam pembelajaran kelas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari pembelajaran 5E Flipped-Classroom terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif kelas kelas XI pada pembelajaran biologi. Desain penelitian menggunakan desain quasi-experimental non randomized control group. Pada masing-masing variable dilakukan pengukuran melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran inkuiri 5E-Flipped Classroom terhadap keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran biologi (nilai signifikansi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Jurnal Pendidikan Biologi (JPB) publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies. ...