Masa prasekolah merupakan periode penting dalam perkembangan aspek fisik, kognitif, dan emosional anak. Namun, masalah mental emosional pada anak prasekolah sering kali tidak terdeteksi sejak dini dan tidak disadari oleh orang disekitar anak. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai pentingnya skrining dini masalah mental emosional pada anak prasekolah dalam mendukung tercapainya Generasi Emas 2045. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui sosialisasi dan edukasi kepada 42 orang guru PAUD dan TK di Kecamatan Banjarmasin Utara. Metode kegiatan terdiri ceramah, simulasi penggunaan Kuesioner Masalah Perilaku Emosional (KMPE) dan diskusi interaktif. Hasil kegiatan berdasarkan indikator aktivitas berupa memperhatikan materi, kemampuan melakukan skrining, keaktifan dalam diskusi dan mengikuti kegiatan hingga selesai. Didapatkan sebagian besar guru dengan partisipasi aktif dan menyadari tentang pentingnya deteksi dini masalah mental emosional anak prasekolah. Skrining dini dapat menjadi langkah preventif yang efektif untuk mendukung perkembangan anak menuju Generasi Emas 2045 melalui peran aktif guru dalam deteksi dini masalah mental emosional di lingkungan sekolah.
Copyrights © 2024