Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah (a) untuk mengetahui bentuk-bentuk campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada tuturan siswa SMP Swasta Nanyang Zhi Hui Medan, (b) untuk mengetahui jenis-jenis campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada tuturan siswa SMP Swasta Nanyang Zhi Hui Medan, dan (c) untuk mengetahui faktor penyebab campur kode bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada tuturan siswa kelas SMP Swasta Nanyang Zhi Hui Medan. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Nanyang Zhi Hui Medan. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, kuesioner, dan wawancara. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan bahwa (a) campur kode pada tuturan siswa SMP Swasta Nanyang Zhi Hui Medan terdiri dari bentuk kata (me, must, choir, scene, page, then, dan lainnya) dan frasa (multiple choice or essay, waiting room, the last, like this, all the photos, this photo, bad word, permanent marker, dan under one minute), (b) campur kode siswa SMP Nanyang Zhi Hui meliputi campur kode ke luar (outer code mixing) dan campur kode campuran (hybrid code mixing), dan (c) faktor penyebab terjadinya campur kode siswa SMP Swasta Nanyang Zhi Hui Medan adalah kebiasaaan penutur, latar belakang siswa, dan keterbatasan penggunaan kode.
Copyrights © 2024