Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen numerasi sub domain barisan dan deret tingkat SMA dilakukan di kelas XI SMAN 2 Bayah, Kabupaten Lebak. Penelitian yang dilakukan adalah (R&D) dengan model pengembangan model Wilson dan model Oriondo dan Antonio terdiri atas tiga tahap yaitu (1) desain instrumen; (2) uji coba instrumen; (3) perakitan instrumen. Hasil penelitian ini yaitu (1) Instrumen pengembangan numerasi merupakan instrumen yang valid dengan kriteria tinggi untuk semua butir soal dan reliabel (2) Instrumen numerasi memiliki daya pembeda yang baik untuk semua butir soal  (3) Instrumen numerasi memiliki indeks kesukaran mudah untuk butir soal no 1, sedang untuk butir soal nomor 2,3 dan 4 serta sukar untuk butir soal nomor 5. Instrumen penelitian pengembangan sub domain barisan dan deret layak dan dapat digunakan untuk proses pembelajaran mengembangkan kemampuan numerasi siswa.  Kata kunci: Pengembangan Instrumen Tes, Barisan dan Deret, Numerasi Abstract The purpose of this research is to develop a sub-domain numbering instrument of row and row of high school level carried out in the XI class of SMAN 2 Bayah, Lebak district. The research carried out was (R&D) with the development model of the Wilson model and the Oriondo and Antonio model consisting of three stages: (1) instrument design; (2) instrument testing; (3) instrument assembly. The results of this study are: (1) The numeration development instrument is a valid instrument with a high criterion for all the elements and reliable (2) the numeration instrument has a good differentiating power for all those elements (3) the numbering instrument has an easy difficulty index for the element number 1, the average for the elements number 2,3 and 4 as well as difficult for the items number 5. Research development tools sub-domain rows and series are qualified and can be used for the learning process to develop student numeration skills Keywords: development of test instruments, Row and Series, Numeracy  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024