GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 2 (2024)

The Effect of Jigsaw Cooperative Learning Model on Students Mathematical Communication Skills: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa

Aritonang, Karyn Angelina (Unknown)
Simanjorang, Mangaratua M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Cooperative Learning tipe Jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan mengetahui seberapa efektif model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX-E dan siswa kelas IX-F dengan total 64 orang. Hasil penelitian ini adalah: (1) Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini terlihat dari nilai signifikansi uji dua sisi yang diamati sebesar 0,031 < 0,05. Maka H 0 ditolak dan H a diterima. (2) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw diambil dari hasil N-Gain yaitu sebesar 0,16. Dapat disimpulkan bahwa keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa berada pada kategori sedang. Kata kunci: Keterampilan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Abstract This research aims to know whether the Jigsaw Cooperative Learning model affects students’ mathematical communication skills and to know how effective is the Jigsaw-type cooperative learning model on students' mathematical communication skills. The design of this research is quasi-experimental. The sample of this research is students in class IX-E and students in class IX-F. The results of this research are: (1) The Jigsaw Cooperative Learning Model has a positive effect on students’ mathematical communication skills. This can be seen from the significance value for the two-tailed test is observed as 0.031 < 0.05. Then, H0 is rejected and Ha is accepted. (2) The effectiveness of the Jigsaw Cooperative Learning Model is taken from the N-Gain result, which is 0.16. It can be concluded that the effectiveness of the jigsaw cooperative learning model on students' mathematical communication skills is in the moderate category. Keywords: Jigsaw Cooperative Learning Model, Mathematical Communication Skills  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gauss

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal ini berisikan kajian ilmiah dan hasil penelitian dibidang matematika dan pendidikan ...