Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 7, No 2: DESEMBER 2024

PENGARUH E-COMMERCE, SOSIAL MEDIA, DAN FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI SUMBAWA BESAR

Maharani, Aprilia (Unknown)
Nurabiah, Nurabiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce, sosial media, dan financial technology terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Sumbawa Besar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif. Penelitian ini memperoleh data dengan menyebarkan kuesioner secara langsung dan melalui google forms. Penentuan sample dengan teknik porposive sampling dengan kriteria UMKM yang menggunakan e-commerce, sosial media, dan financial technology dalam penjualannya, sehingga diperoleh jumlah sebanyak 65 UMKM. Adapun alat analisis menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-commerce, sosial media, dan financial technology memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Sumbawa Besar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bisnet

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bisnisnet adalah Jurnal Ekonomi dan Bisnis yang ditertbitkan dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa (FEB UNDHAR). Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian yang mempunyai relevansi dengan : Manajemen Pemasaran ...