Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Vol. 19 No. 2 (2024): Oktober: Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran

MODEL PEMBELAJARAN DRIBBLING SEPAK BOLA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK SISWA SMP

Salikha, Meisaura (Unknown)
Prabowo, Eko (Unknown)
Setiawan, Iwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk menghasilkan model pembelajaran dribbling sepak bola menggunakan metode cooperative tipe student teams achievement division (STAD) untuk siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa model pembelajaran dribbling sepak bola menggunakan metode cooperative tipe student teams achievement division (STAD) yang telah melalui tahap revisi dan validasi oleh ahli pembelajaran, ahli sepak bola, serta guru pendidikan jasmani dan menghasilkan 15 model yang telah di ujicobakan di dua sekolah. Hasil survey kemudahan model sebesar 93% dan 81.40% dan kemenarikan model sebesar 92.5% dan 89.14%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa model pembelajaran dribbling sepak bola menggunakan metode cooperative tipe student teams achievement division (STAD) untuk siswa SMP dapat dijadikan acuan untuk proses pembelajaran atau digunakan dalam pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and ...