Penentuan paket hemat yang efektif merupakan salah satu cara strategis yang digunakan oleh hampir setiap usaha baik UMKM ataupun perusahaan sebagai strategi meningkatkan pemasaran dan menarik lebih banyak konsumen. Namun, untuk menentukan kombinasi produk yang tepat dalam sebuah paket, sering kali ada kekeliruan karena harus sesuai dengan prefensi dan pola belanja dari masing-masing konsumen. Data mining dapat membantu sebuah perusahaan dalam meningkatkan strategi pemasaran. Untuk membantu mengoptimalkan proses penentuan paket hemat digunakan algortima FP-Growth. Algoritma FP-Growth dikenal mampu menemukan pola asosiasi yang tersembunyi dalam sebuah data transaksi. Penggunaan algoritma FP-Grwoth dalam mengidentifikasi kombinasi kesamaan barang yang dibeli oleh pelanggan. Sehingga pemilik usaha dapat memilih atau menentukan paket hemat lebih relevan dan sesuai dengan prefensi konsumen. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan algoritma FP-Growth mampu meningkatkan efisiensi dalam menentukan paket hemat sekaligus meningkatkan strategi pemasaran. Implementasi dalam metode ini berpotensi besar meningkatkan kepuasan konsumen dan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan penjualan Perusahaan secara keseluruhan.
Copyrights © 2024