Pentingnya kegiatan ini didasarkan pada temuan bahwa siswa memiliki preferensi belajar yang berbeda, yang jika tidak diakomodasi dengan baik dapat menghambat proses belajar dan pencapaian akademis siswa. Melalui pendampingan yang tepat, diharapkan setiap siswa dapat belajar dengan cara yang paling efektif, sehingga hasil belajar dapat meningkat secara signifikan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa, sehingga meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar terhadap nilai Pancasila melalui media pembelajaran diferensiasi. Selain itu, kegiatan ini secara tidak langsung berdampak pada keterampilan guru dalam menciptakan dan menggunakan media pembelajaran yang efektif dan bervariasi Mitra pada kegiatan ini adalah guru dan siswa kelas V SDI Rutosoro. Metode yang digunakan dalam kegiatan pendampingan ini meliputi observasi, wawancara, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pendampingan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Sebelum pendampingan, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 66,3. Setelah pendampingan, rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 73,9. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa mampu meningkatkan pemahaman dan pencapaian akademis siswa. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme yang lebih besar dalam mengikuti pembelajaran, yang juga berkontribusi pada peningkatan hasil belajar. Dengan demikian, kegiatan pendampingan media pembelajaran diferensiasi terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pencapaian siswa.
Copyrights © 2024