Evaluasi perlu dilakukan setelah terlaksananya suatu proses pembelajaran, termasuk pembelajaran mufrodat bahasa arab. Evaluasi pembelajaran mufrodat bahasa arab bertujuan untuk melihat dan mengetahui ketercapaian pemahaman siswa terhadap materi mufrodat yang telah diajarkan. Namun seringkali kegiatan evaluasi masih dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan tes tulis dan tes lisan. Evaluasi pembelajaran mufrodat dapat dilakukan dengan media permainan salah satu media evaluasi berbasis permainan adalah aplikasi puzzlemaker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan aplikasi puzzlemaker sebagai media evaluasi pembelajaran mufrodat siswa MTs Negeri 2 Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B MTs Negeri 2 Sidoarjo yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan evaluasi pembelajaran mufrodat bahasa arab dikelas VIII B MTs Negeri 2 Sidoarjo berbantuan aplikasi puzzlemaker berdampak positif. Hal ini ditandai dengan siswa merasa senang, antusias, lebih bersemangat dalam mengerjakan dan menikmati seluruh rangkaian tahapan evaluasi pembelajaran mufrodat. Sehingga berpengaruh juga terhadap hasil belajarnya.
Copyrights © 2024