Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di kelas XI Bahasa SMA Sunan Kaliogo Malang, partisipasi dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab masih rendah. Dalam mengikuti pembelajaran sebagian siswa kurang termotivasi. Kurang optimalnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran seperti menjawab pertanyaan dari guru dan menanggapi pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode Take and Give dalam pembelajaran maharah kalam di kelas XI Bahasa SMA Sunan Kalijogo Malang serta untuk mengetahui kendala dan problematikanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi lapangan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian di analisis dengan menggunakan teknik analisis induktif. dan diuji keabsahannya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa persiapan awal sebelum melaksanakan metode Take and Give dalam pembelajaran maharah kalam adalah persiapan materi dan penyesuaian RPP. Yaitu dengan menentukan materi yang akan dipelajari siswa, menjelakan secara singkat terkait materi, menjelaskan pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan berkelompok atau individu untuk berdiskusi, membahas pertanyaan, memberi penjelasan dan ulasan secukupnya pada akhir pembelajaran. Adapun kendala dalam menggunakan metode Take and Give dalam pembelajaran maharah kalam yaitu, dalam proses pembelajaran materi masih terpaku pada buku paket atau LKS, keterbatasan waktu dan pembiasaan yang menyebabkan siswa tidak terbiasa dan kurang percaya diri dalam berkomunikasi, minim dalam penguasaan kosakata sehingga mempersempit komunikasi terkait materi yang ingin disampaikan dan diterima, keterbatasan dalam penglompokan siswa sesuai kemampuan akademik dalam pembelajaran maharah kalam.
Copyrights © 2024