Ramayana Cilegon merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang terdapat di Cilegon. Ramayana buka dari jam 9 pagi hingga jam 10 malam. Maka dari itu banyak penduduk Cilegon yang memenuhi pusat perbelanjaan tersebut. Karena hal itulah antrian masuk pada Ramayana Ciplaz Cilegon dipadati penduduk. Dikarenakan ramai dikunjungi pengunjung maka dari itu terjadi antrian di Ramayana Ciplaz Cilegon. Maka dari itu tujuan dari dilakukannya proses antrian adalah untuk menentukan distribusi data pada antrian ramayana dan menyelesaikan permasalahan antrian yang terjadi pada ramayana Cilegon. Setelah dilakukan pengolahan data didapatkan hasilnya adalah nilai tingkat utilitas sebesar 0,9. Hal ini menunjukkan bahwa antrian mendekati dari kapasitasnya. Jumlah rata-rata kendaraan yang menunggu dalam antrian (Lq) adalah 8 kendaraan, sedangkan yang berada system (Ls) adalah 10 kendaraan. Waktu tunggu rata – rata antrian (Wq) Sebesar 8,57 menit, dan dalam system (Ws) sebesar 10,51 menit. Hasil tersebut menandakan bahwa sistem antrian di pintu masuk Ramayanan harus dioptimalkan dengan berupaya mengurangi durasi waktu tunggu dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas layanan. Perbaikan yang dapat dilakukan yaitu dengan menambah jalur layanan dan meningkatkan efisiensi proses guna dapat berkontribusi dalam peningkatan kepuasan pengunjung terhadap kualitas layanan di Ramayana.
Copyrights © 2024