Abstrak Keterampilan berpikir kritis perlu dimiliki oleh peserta didik karena tuntutan keterampilan abad 21 yang harus dimiliki yaitu keterampilan 4C, yakni Critical Thinking, Collaboration, Communication, dan Creativity serta untuk mencapai standar kelulusan di Kurikulum Merdeka pada materi virus sesuai capaian pembelajaran (CP) fase E kelas X Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-LKPD Liveworksheet berbasis inkuiri terbimbing untuk materi virus yang berfokus untuk melatih berpikir kritis peserta didik kelas X. E-LKPD dikembangkan dengan model pengembangan 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate dengan dua topik materi yakni virus HIV dan virus corona. Uji validitas E-LKPD lembar validasi yang dinilai oleh validator, mendapatkan persentase rata-rata skor sebesar 92,9% (sangat valid). Uji kepraktisan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan hasil angket respon peserta didik, mendapatkan persentase rata-rata skor berdasarkan hasil lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 100% (sangat praktis) dan hasil angket respon peserta didik sebesar 99,5% (sangat praktis). Uji keefektifan hasil lembar tes keterampilan berpikir kritis, mendapatkan rata-rata hasil nilai tes keterampilan berpikir kritis sebesar 88,2 (tuntas). Berdasarkan pada hasil uji validasi, kepraktisan, dan keefektifan menyatakan bahwa E-LKPD Liveworksheet layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: E-LKPD, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis, Virus, Sekolah Menengah Atas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024