Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi perpustakaan berbasis inklusi soosial dalam peran meningkatkan keterampilan public speaking pemustaka di UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang. Perpustakaan perguruan tinggi menghadapi tantangan untuk lebih inklusif dan relevan bagi masyarakat, salah satunya melalui program peningkatan keterampilan public speaking. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan inklusi sosial yang diselenggarakan oleh UPT Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang berhasil meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan public speaking pemustaka. Selain itu, kegiatan inklusi sosial ini berhasil menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung pengembangan diri, baik dari segi keterampilan teknis maupun yang lainnya. Kesimpulannya, perpustakaan berbasis inklusi sosial memiliki peran penting dalam mengembangkan keterampilan public speaking, memberdayakan pemustaka, dan membangun komunitas yang lebih percaya diri dan aktif berpartisipasi dalam kegiatan akademik maupun sosial.
Copyrights © 2024