EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership
Vol 5, No 2 (2024): Pendidikan Agama Kristen dan Kepemimpinan - Desember 2024

Kepemimpinan Gembala Dan Pembelajaran Moral: Sebuah Studi Kasus Tentang Perlakuan Atas Perilaku Indisiplin Siswa SMA XYZ Manado Berdasarkan Teori Tahapan Moral Lawrence Kohlberg

Agustin, Irene (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

This research aims to investigate the causes of students' indisciplined behavior and propose appropriate leadership strategies to overcome this. In this study, a qualitative approach was used to conduct a case study conducted with interviews using instruments from the story of Heinz's dilemma presented by Lawrence Kohlberg. The presentation of Heinz's dilemma is used to identify the position of the moral stages of indiscipline perpetrators. Then interviews were also conducted with the teachers to find out the leadership approach and treatment that has been applied so far. The results of the study show that the leadership and treatment methods used by teachers are not suitable for the various moral stages of students. Most teachers only hit one treatment flat to apply to all students. The results of this study recommend that teachers apply a shepherd leadership model that emphasizes in-depth recognition of student characteristics before treating students. This shepherd leadership model is then applied using the Heinz dilemma instrument, which is to identify the moral stages that students have and after that they can be treated according to their respective moral stages. Knowing the moral stage of students is part of the teacher's introduction before giving treatment so that in the end it will help in dealing with indisciplined behavior more effectively.AbstrakPenelitian ini bertujuan menyelidiki penyebab perilaku ketidakdisiplinan siswa dan mengusulkan strategi kepemimpinan yang tepat untuk mengatasi hal ini. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif studi kasus yang dilakukan dengan wawancara menggunakan instrumen dari kisah dilema Heinz yang dipaparkan oleh Lawrence Kohlberg. Pemaparan kisah dilema Heinz digunakan untuk mengidentifikasi posisi tahapan moral pelaku indisiplin. Kemudian wawancara juga dilakukan kepada para guru untuk mengetahui pendekatan kepemimpinan dan perlakuan yang selama ini diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kepemimpinan dan perlakuan yang digunakan oleh guru tidak cocok dengan tahapan moral siswa yang beragam. Sebagian besar Guru hanya memukul rata satu perlakuan untuk diterapkan bagi semua siswa. Hasil penelitian ini merekomendasikan agar guru menerapkan model kepemimpinan gembala yang lebih menekankan pengenalan mendalam terhadap karakteristik siswa sebelum memberi perlakuan kepada siswa. Model kepemimpinan gembala ini kemudian diaplikasikan dengan menggunakan instrumen dilema Heinz yakni mengidentifikasi tahap moral yang dimiliki siswa dan setelah itu dapat diberikan perlakuan sesuai dengan tahapan moral masing-masing. Mengetahui tahap moral siswa merupakan bagian pengenalan guru sebelum memberikan perlakuan sehingga pada akhirnya akan membantu dalam menangani perilaku ketidakdisiplinan secara lebih efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edulead

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

EDULEAD merupakan wadah publikasi ilmiah hasil penelitian di bidang Pendidikan Agama Kristen, Pendidikan Anak Usia Dini dan Kepemimpinan Kristen, bagi para dosen di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu PESAT, Salatiga, dan institusi lain yang memiliki bidang kajian yang serupa. ...