Artikel ini mengeksplorasi transformasi perpustakan sekolah dari sekedar Lembaga pemberi pinjaman menjadi pusat pembelajaran yang lebih inklusif dan relevan di era Pendidikan abad ke-21. Perpustakaan sekolah kini berperan penting dalam mendukung literasi, kreativitas, keterampilan teknis, dan pengembangan kepribadian siswa. Selain menyediakan sumber daya fisik, perpustakaan sekolah juga menyediakan akses terhadap berbagai media digital, teknologi, dan ruang inklusif yang mendorong kolaborasi dan pembelajaran mandiri. Meskipun banyak sekolah di Indonesia yang masih menghadap tantangan seperti keterbatasan peralatan dan kurangnya adaptasi teknologi, perpustakaan sekolah berupaya untuk berupaya untuk menjadi pusat literasi yang mendukung kemajuan siswa dan meningkatkan kualitas pendidikan berkelanjutan. Artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengkaji berbagai peran perpustkaan sekolah, mulai dari mendukung literasi dan kretivitas hingga pengembangan karakter siswa. Artikel ini juga memberikan rekomendasi untuk mengoptimalkan fungsi perpustakaan sekolah untuk memenuhi kebutuhan Pendidikan modern.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025