Kegiatan pengabdian masyarakat ini berangkat dari analisis situasi yang mengidentifikasi masih banyak guru-guru yang belum memahami tentang bagaimana mendesain pembelajaran menggunakan pendekatan design thinking dalam rangka mewujudkan merdeka belajar kurikulum merdeka. Berangkat dari analisis situasi tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran dengan pendekatan design thinking dalam merdeka belajar pada kurikulum merdeka. Metode dan bentuk kegiatan meliputi 3 langkah kegiatan yaitu pertama ; Pelatihan Peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru tentang pendekatan design thinking (kajian teori, langkah kerja design thinking : empathize, devine, ideate, prototipe, test, aspek dimensi, strategi, desain dan model evaluasi). kedua ; Simulasi pembuatan desain pembelajarn dengan pendekatan design thinking, ketiga ; Observasi dan evaluasi produk desain pembelajar dengan pendekatan design thinking. Yang menjadi sasaran kegiatan pembinaan dan pelatihan ini adalah guru-guru IPS Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berjumlah 20 orang yang tergabung dalam Musyawarah Guru MGMP Mata Pelajaran (MGMP) IPS Kabupaten Ogan Ilir. Hasil kegiatan pembinaan dan pelatihan menyimpulkan guru guru peserta pelatihan sudah mememilki pengetahuan yang baik tentang desain pembelajaran dengan pendekatan desain thinking. Perbandingan hasil pre test dan post test menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan nilai n gain sebesar 62,56% (kategori cukup efektif). Hasil observasi terhadap produk desain pembelajaran yang dibuat peserta pelatihan, sudah mampu mengintegrasikan langkah langkah design thinking yang meliputi emphatize, devine, ideate, prototipe, dan test.
Copyrights © 2023