Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 7 No. 3 (2024): Agustus

PROGRAM KAMPUS MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA DI SDN 10 KEPAHIANG

Monica, Zelin (Unknown)
Yuniati, Ira (Unknown)
Suyuthi, Hasmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Program kampus mengajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dengan melaksanakan program ini, mahasiswa didorong untuk mengembangkan keahlian dan keterampilan abad 21 (berpikir analitis, penyelesaian masalah, kepemimpinan, manajemen tim, kreativitas dan inovasi, komunikasi interpersonal). Ruang likup kegiatan kampus mengajar mencakup pembelajaran di semua mata pelajaran yang berfokus literasi dan numerasi, adaptasi teknologi dan bantuan adminitrasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi dan numerasi di SDN 10 Kepahiang setelah itu bagaimana cara untuk meningkatkannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif. Adapun instrument penelitiannya adalah observasi, pedoman wawancara, dan peneliti sebagai instrument kunci. Sumber data didapat dari hasil wawancara dari kepala sekolah, guru pamong, wali kelas serta meneliti langsung tingkat kemampuan literasi dan numerasi saat kegiatan pretest AKM siswa. Adapun hasilnya adalah membuat rancangan aksi nyata bagaimana cara meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Dampak yang dihasilkan dalam penelitian ini merunjuk pada adanya peningkatan setelah Program kampus mengajar dilaksanakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...