Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 7 No. 3 (2024): Agustus

PARTISIPASI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 7 DALAM PENGAJARAN LITERASI KEPADA SISWA SD N 27 DI KOTA BENGKULU

Wulandari, Yetri (Unknown)
Suyuthi, Hasmi (Unknown)
Lisdayanti, Septina (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Pengajaran literasi adalah salah satu aspek penting dalam pendidikan, terutama dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan berpikir kritis. Pengajaran literasi kepada siswa SDN 27 di Kota Bengkulu adalah salah satu fokus Rencana Aksi Kolaborasi (RAK) Program Kampus Mengajar. Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 telah melakukan partisipasi aktif dalam pengajaran literasi kepada siswa Sekolah Dasar Negeri 27 di Kota Bengkulu melalui beberapa program kerja, yaitu: Enjoy Read, Kelas Membaca dan Menulis, Antologi Puisi, dan Ceritakan Buku Ku. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui pendekatan interaktif dan berbasis projek. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, maka hasil dari penelitian ini peneliti melakukan observasi langsung ke lokasi pelaksanaan dengan berkoordinasi pada pihak sekolah, dan juga dosen pembimbing lapangan mahasiswa kampus mengajar 7 mengenai kegiatan pengajaran literasi di SDN 27 Kota Bengkulu, kemudian melakukan beberapa kegiatan program yang dapat meningkatkan literasi siswa yang dilakukan dengan cara menjalankan program yang sudah di sepakati antar mahasiswa kampus mengajar dan juga warga sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...