Menulis menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa. Berdasarkan pengamatan awal, sebagian siswa belum memahami cara menulis teks deskripsi. Kegiatan ini menjadi bentuk usaha dalam membantu menambah keterampilan siswa dalam menulis. Pada kegiatan pelatihan ini, penulis memfokuskan terhadap kemampuan siswa dalam menyusun teks deskripsi menggunakan metode permainan puzzle. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah agar siswa mampu menulis teks deskripsi secara sederhana dengan baik. Agar kegiatan menulis menjadi kegiatan yang tidak membosankan, penulis menggunakan metode pembelajaran yang berbeda, yaitu menggunakan permainan puzzle untuk menemukan objek apa yang akan dideskripsikan nantinya. Hasil dari kegiatan pelatihan ini, sebagian besar siswa memahami bagaimana cara menulis teks deskripsi dengan tepat. Kesimpulan kegiatan ini yaitu dengan menggunakan metode permainan puzzle peserta didik dimudahkan dalam memahami cara menulis teks deskripsi.
Copyrights © 2024