Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 7 No. 4 (2024): November

PELATIHAN MENULIS TEKS PROSEDUR BAGI SISWA KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR SMKS 9 MUHAMMADIYAH BENGKULU

Haliza, Dea Nur (Unknown)
Setiorini, Hesti (Unknown)
Yuniati, Ira (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa, khususnya dalam menulis teks prosedur pada siswa kelas XI SMK 9 Muhammadiyah Bengkulu. Dengan dilakukannya pelatihan ini, siswa diharapkan dapat memahami dan mengaplikasikan struktur yang benar dalam penulisan teks prosedur pada mata pelajaran Bahasa Indonesia karena pada observasi awal yang dilakukan terlihat siswa masih kesulitan dalam menulis dikarenakan terlalu terbiasa melakukan praktik langsung daripada kegiatan menulis. Kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari siswa dengan penambahan pengetahuan yang didapatkan siswa d apat menghasilkan karya menulis sendiri. Pengabdian ini menggunakan metode pelatihan dan pendampingan bagi siswa SMK 9 Muhammadiyah Bengkulu. Dalam melakukan pengabdian ini terdapat 3 tahapan yaitu tahapan observasi awal, tahapan menjelaskan materi dan tahapan pelatihan dan penugasan. Sebagai hasil pelatihan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa siswa mampu menulis teks prosedur secara mandiri sesuai dengan kaidah dan bersifat informatif sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...