Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 7 No. 4 (2024): November

STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 DI SMP IT BAITIL IZZAH KOTA BENGKULU

Satria, Satria (Unknown)
Riswanto, Riswanto (Unknown)
Ayuh, Eceh Trisna (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Pegabdian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran berbasis media Canva dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 8 di SMP IT Baitul Izzah Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah pendekatan berbasis proyek (project-based learning) dengan tahapan persiapan, implementasi, evaluasi, dan tindak lanjut. Media Canva diterapkan untuk menciptakan pembelajaran interaktif, menarik, dan berbasis visual yang membantu siswa menganalisis, mengevaluasi, serta menyusun argumen secara logis. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan berpikir kritis siswa, terutama dalam kemampuan analisis, kreativitas, dan berargumentasi. Penggunaan Canva juga berhasil meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Kendala teknis seperti keterbatasan perangkat dapat diatasi dengan bimbingan intensif dari mahasiswa Kampus Mengajar. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa Canva merupakan media pembelajaran yang efektif dalam mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa, terutama di sekolah dengan keterbatasan sumber daya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...