Pembelajaran saat ini menggunakan metode ceramah serta bahan ajar menggunakan LKS dan buku paket. Bahan ajar kurang menarik siswa sehingga siswa kesulitan memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan E-modul interaktis smart apps creator berbasis masalah yang layak, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and development) dengan menggunakan model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan instrumen angket. Analisis data yang digunakan pada penelitian pengembangan ini meliputi teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SDN 02 Petungsewu Kabupaten Malang. Produk e-modul melalui uji kelayakan ahli media mendapat nilai 92,857%, ahli materi 92,857%, dan ahli bahasa 85%.Uji kepraktisan guru mendapat nilai 99,038%, uji lapangan terbatas kelompok kecil mendapat nilai 99,166% dan kelompok besar 97,604%. Hasil uji keefektifan mendapat nilai 79,45% kategori “Efektif”. Disimpulkan bahwa e-modul interaktif yang dikembangkan sangat layak, sangat praktis, dan efektif digunakan pada pembelajaran dan mampu membantu siswa dalam memahami materi yang ditunjukkan pada peningkatan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024