BISEI: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam
Vol 9 No 2 (2024): Desember

Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Shopee Melalui Online Customer Review Sebagai Variabel Moderating di Kota Pasuruan

Rahayu, Inneke Febbyriyanti (Unknown)
Oktafiah, Yufenti (Unknown)
Rachmawati, Dwita Laksmita (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Banyaknya marketplace yang bermunculan, tentunya menimbulkan persaingan sehingga marketplace Shopee perlu melakukan strategi untuk menghadapipersaingan. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalammembentuk strategi adalah harga dan kualitas pelayanan, selain itu keterlibatan online customer review dalammembentuk kepercayaan konsumen juga peru diperhatikandalam Menyusun strategi untuk mempertahankan eksistensimarketplace Shopee. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis Pengaruh Harga dan Kualitas PelayananTerhadap Keputusan Pembelian Pengguna Shopee MelaluiOnline Customer Review Sebagai Variabel Moderating di Kota Pasuruan mengunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi konsumen produk pada marketplace Shopee di Kota Pasuruan. Teknik penentuan sampel menggunakan teknikpurposive sampling, yakni berdasarkan kriteria yang telahditetapkan oleh peneliti sehingga terdapat 85 respondensebagai sampel lalu menggunakan teknik analisis data yaituanalisis regresi linier berganda dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan kualitaspelayanan secara simultan dan parsial berpengaruh positifdan signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga produkyang ditawarkan marketpace Shopee mampu menarik minatkonsumen di kota Pasuruan untuk membeli produk pada makeplace Shopee. Kualitas pelayanan pada marketpaceShopee mampu mendorong kepercayaan konsumen di kota Pasuruan untuk membeli produk pada maketplace Shopee. Online customer review memoderasi pengaruh hargaterhadap keputusan pembelian, namun tidak memoderasipengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bisei

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Bisei fokus pada masalah utama dalam pengembangan ilmu ekonomi dan bisnis Islam dalam bentuk pemikiran/ide konseptual dan hasil penelitian meliputi: Manajemen Akuntansi Filantropi Islam (Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf) Manajemen Rantai Pasokan Halal Etika Bisnis dan Kewirausahaan Islami Perbankan ...