Kualitas pelayanan merujuk pada seberapa baik layanan yang diberikan oleh suatu organisasi atau individu memenuhi atau melebihi harapan tamu (Simon Ahie, 2019) Kepuasan ini salah satu terpenting karena berdampak langsung pada loyalitas, retensi dan reputasi keberlanjutan bisnis hotel. Hasil observasi yang sudah dilakukan bahwa sebagian tamu hotel Da Vienna Boutique Hotel Batam memberikan penilaian dengan beberapa keluhan dan guest comment yang menjadi salah satu permasalahan dari Da Vienna Boutique Hotel Batam. maka peneliti tertarik untuk mengambil judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Tamu Di Davienna Boutique Hotel. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 50. Hasil dari penelitian variabel kualitas pelayanan ditemukan bahwa indikator terbanyak yaitu indikator reability dengan hasil lebih banyak responden yang ‘sangat setuju’ dengan frekuensi 46 (92%) dan tangibles dengan responden ‘sangat setuju’ 44 (88%). Hasil dari penelitian variabel kepuasan tamu ditemukan bahwa indikator terbanyak yaitu indikator feedback dan review responden yang ‘sangat setuju’ 37 (74%) dan inovasi dengan hasil lebih banyak responden yang ‘setuju’ dengan frekuensi 35 (70%) Hasil penelitian menjelaskan bahwa nilai thitung sebesar 1,545 dan nilai ttabel sebesar 1,299 (1,545 > 1,299) yang berarti thitung lebih besar dari pada ttabel , maka hasil hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan tamu. Nilai koefisiensi determinasi sebesar 0,647. Sedangkan, besarnya pengaruh kualitas pelayanan sebesar 64,7% sedangkan sisanya 36,3% pengaruh dari faktor lain.
Copyrights © 2024