Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Vol 6, No 2 (2024): Indonesian Journal Of Elementary Education (IJOEE)

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN JIWA NASIONALISME SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN SD

Aqrabah, Lutfi (Unknown)
Ivanka, Galatia Galuh (Unknown)
Ambarwati, Seftiana (Unknown)
Astuti, Nelly (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Dalam dunia pendidikan pentingnya menjaga dan menanamkan nilai-nilai lokal khususnya nasionalisme yang menjadi tantangan tersendiri, salah satu pendekatan untuk mengatasi hal itu adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif, seperti flashcard. Penelitian ini bertujuan menganalisis sejauh mana penggunaan media flashcard dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SD berkontribusi terhadap pengembangan karakter nasionalisme siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan data dari artikel-artikel yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dalam pembelajaran PKn efektif untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme. Flashcard yang dirancang secara kreatif dan relevan membantu siswa lebih mudah memahami konsep nasionalisme, sekaligus menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menarik. Flashcard juga memfasilitasi penyampaian materi secara visual sehingga memperkuat daya ingat dan pemahaman siswa terhadap identitas nasional mereka.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJOEE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) encompasses original research articles and review articles including: Instruction of elementary education (natural science, social science, mathematics, languages, civics, religion, physical education, and arts), Curriculum of elementary education, ...