Dalam dunia pendidikan pentingnya menjaga dan menanamkan nilai-nilai lokal khususnya nasionalisme yang menjadi tantangan tersendiri, salah satu pendekatan untuk mengatasi hal itu adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif, seperti flashcard. Penelitian ini bertujuan menganalisis sejauh mana penggunaan media flashcard dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SD berkontribusi terhadap pengembangan karakter nasionalisme siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan data dari artikel-artikel yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dalam pembelajaran PKn efektif untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme. Flashcard yang dirancang secara kreatif dan relevan membantu siswa lebih mudah memahami konsep nasionalisme, sekaligus menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menarik. Flashcard juga memfasilitasi penyampaian materi secara visual sehingga memperkuat daya ingat dan pemahaman siswa terhadap identitas nasional mereka.
Copyrights © 2024