Jurnal Cyber PR
Vol 4, No 2 (2024)

Strategi Komunikasi Humas Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Cirebon Dalam Mengembangkan Wisata Kuliner

Sungkono, Nono (Unknown)
Pasaribu, Mukka (Unknown)
Dewi, Yuni Retna (Unknown)
Hamsinah, Hamsinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Kabupaten Cirebon di kenal dengan sejarah dan objek pariwisata di Indonesia. Untuk mendukung nilai sejarah dan pariwisata maka wisata kuliner juga menjadi perhatian pemerintah setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Humas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon untuk meningkatkan wisata kuliner. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Teori Komunikasi Pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa strategi komunikasi Humas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon untuk meningkatkan wisata kuliner dengan komunikasi pemasaran. Pertama untuk iklan (Advertising), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon dibidang Promosi dan Ekonomi Kreatif telah melakukan iklan melalui media sosial seperti, Face Book, Instagram. Kedua Untuk Personal Selling (Penjualan Personal), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon bekerjasama dengan KM 2298 dariarah Jawa Tengah ada Tourist Information Center diharapkan wisatawan untuk singgah menikmati hidangan kuliner di rest area yang dimaksud. Ketiga Promosi Penjualan (Sales Promotion), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon bekerjasama dengan Tour Travel serta Perhotelan memberikan paket Promosi wisata kuliner. Keempat Pemasaran Langsung (Direct Marketing), Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon membuka peluang usaha untuk menanamkan modalnya dengan membangun mitra usaha dalam bidang perhotelan dan wisata kuliner yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cyberpr

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Cyber PR is a scientific journal that publishes scientific articles in the study of communication science. Jurnal Cyber PR aims to encourage research in public relations ...