Jurnal Suluh Pendidikan
Vol 13 No 1 (2025): Maret 2025

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 MAZO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Giawa, Yusnidar Tridewi Mawati (Unknown)
Harefa, Yearning (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2025

Abstract

Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yang diterapkan oleh peneliti. Peneliti ini menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian tindakan kelas pelaksaanya: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Peneliti tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus menggunakan teknik pengumpulan data, lembaran observasi, evaluasi dan lembaran penilaian. Berdasarkan hasil penelitian dalam penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Hal ini dapat dilihat dari lampiran penilaian siklus I adalah rata- rata nilai sebesar 61,13. sedangkan pada siklus II dengan rata - rata nilai adalah 80,2. Hasil observasi siswa pada siklus I pertemuan pertama adalah 48,26%. Pada pertemuan kedua adalah 56,66%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama adalah 68,8%. Dan pertemuan kedua adalah 81,66%. Hasil observasi peneliti terhadap Guru pada siklus I pertemuan pertama adalah 51,66%. Dan pada pertemuan kedua adalah 58,33%. Sedangkan pada siklus I pertemuan pertama adalah 70%. Dan pada pertemuan kedua adalah 80%. Dari hasil peniliti yang dapat dikumpulkan bahwa dapat disimpulkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 1 Mazo Tahun pelajaran 2023/2024.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal Suluh Pendidikan (JSP) is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical research papers about education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the ...