Abstrak— Berdasarkan fakta di lapangan, kebanyakan kafe dan restoran menggunakan cara manual seperti mencatat atau mengingat pesanan makanan atau minuman dari pelanggan, cara ini memang dapat digunakan namun memiliki beberapa kelemahan  yang dapat terjadi seperti ketika pelayan salah mencatat atau mengingat pesanan sehingga menyebabkan pelanggan menerima makanan atau minuman yang tidak sesuai dengan pesanan yang diinginkan dan pelayan harus mengantar ulang dengan pesanan yang sesuai, dengan masalah-masalah yang sudah disebutkan tentunya menyebabkan masalah efisiensi waktu yang berkurang dan dapat menjadi masalah ketika kafe atau restoran dalam kondisi ramai yang dapat membuat antrian. Untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut, maka dibuatkanlah sistem  pemesanan makanan dan minuman berbasis web untuk pelayan dan juga pelanggan, yang nantinya pelanggan dapat memesan makanan dan minuman yang diinginkan langsung dari meja makan yang tersedia dan pelayan dapat mengkonfirmasi langsung pesanan dari pelanggan. Metode yang digunakan pada penilitian ini adalah metode  Content-Based Filtering. Melalui sistem ini diharapkan dapat menjadi solusi dari kesalahan yang biasa terjadi saat pemesanan menu dan dapat mempersingkat waktu dalam pelayanan sehingga menghasilkan kepuasan pelanggan dari pelayanan yang diberikan.Kata kunci— Content-Based Filtering, Kafe, Sistem, Restoran, Web
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024