eProceeding of TIK
Vol 4, No 1 (2024): eProTIK: Mei, 2024

Pembuatan Game 3D Petualangan Labirin Menggunakan Algoritma Dijkstra pada Non-Player Character (NPC)

Ferdian, Aldi (Unknown)
Mursyidah, Mursyidah (Unknown)
Syahputra, Guntur (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2024

Abstract

Game adalah media hiburan yang sangat digemari oleh semua kalangan dan dapat mengasah kreativitas orang yang memainkannya. Salah satu jenis game yang populer adalah game puzzle labirin yang menguji kecerdasan dan keterampilan player dalam menyelesaikan tantangan untuk melewati labirin. Penelitian ini bertujuan untuk membuat game 3D petualangan labirin menjadi lebih menantang dimana karakter NPC dapat mengikuti player di dalam labirin. Untuk membuat NPC mampu bergerak mengikuti player secara otomatis, dibutuhkan algoritma pencarian rute terpendek yang harus diterapkan pada NPC. Penelitian ini menggunakan algoritma Dijkstra sebagai pencari rute terpendek. Algoritma Dijkstra akan mencari jalan dengan biaya terkecil antara NPC terhadap player. Pengujian dilakukan terhadap NPC dengan menggunakan dua jalur yang  akan dilalui untuk menuju posisi player dengan panjang path yang berbeda. Berdasarkan pengujian yang dilakukan sebanyak 20 kali, dengan metode Dijkstra maka di dapatkan hasil pengujian sebesar 100%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eProTIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

eProceeding of TIK (eProTIK) merupakan media publikasi hasil penelitian atau karya proyek akhir atau karya ilmiah dari Skripsi/tugas akhir mahasiswa Program Pendidikan Vokasi Sarjana Terapan (D-4) jurusan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) Politeknik Negeri Lhokseumawe. Artikel yang ...