Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 3 No. 5 (2024): September 2024

Pembelajaran Penempatan Tanda Jeda Pantun Menggunakan Pendekatan Proses melalui Bahan Ajar Inovatif

Amelia, Rita (Unknown)
Artimis (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi: 1) prosedur penggunaan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar inovatif dalam pembelajaran penempatan tanda jeda pantun; 2) hasil belajar penggunaan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar inovatif dalam pembelajaran penempatan tanda jeda pantun. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 20 Batam, Kepulauan Riau pada awal semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 7C yang mengikuti pembelajaran penempatan tanda jeda pantun yang menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar inovatif. Mereka berjumlah 32 siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 30 siswa yang dipilih secara random sederhana tanpa pengembalian. Instrumen pertama penelitian ini adalah rencana pembelajaran penempatan tanda jeda pantun menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar inovatif. Instrumen kedua adalah tes unjuk kerja penempatan tanda jeda pantun. Instrumen ketiga adalah tes unjuk kerja penempatan tanda jeda pantun. Semua instrumen disusun menggunakan prosedur objektif dan sistematis. Data prosedur pembelajaran dianalisis secara tematik, tanpa analisis statistik. Data penempatan tanda jeda pantun dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni mean dan persen. Hasil penelitian: 1) prosedur penggunaan pendekatan keterampilan proses dam bahan ajar inovatif dalam pembelajaran penempatan tanda jeda pantun mencakup 3 jenis kegiatan awal, 32 jenis kegiatan inti, dan 4 jenis kegiatan akhir; 2) hasil belajar penggunaan pendekatan keterampilan proses melalui bahan ajar inovatif dalam pembelajaran penempatan tanda jeda pantun mencapai batas minimal 75,00.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...