Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi: 1) hasil tes formatif keterampilan menulis paragraf faktual topik IPA; 2) faktor-faktor dominan yang menyebabkan tinggi-rendahnya hasil tes formatif keterampilan menulis paragraf faktual topik IPA. Artikel ini menggunakan metode campuran strategi eksplanatori sequensial. Populasi data kuantitatif yakni data keterampilan menulis paragraf faktual topik IPA adalah siswa kelas X SMA yang mengikuti tes keterampilan menulis paragraf faktual topik IPA yang berjumlah 215. Sampel ditetapkan sebanyak 140 siswa. Responden data kualitatif yakni faktor-faktor penyebab utama tinggi-rendahnya keterampilan menulis paragraf faktual topik IPA berjumlah 10 orang dari kelompok siswa dan 5 orang dari kelompok guru Bahasa Indonesia. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan instrumen tes esai versi google form opsi file upload. Data kualitatif dikumpulkan menggunakan instrumen pedoman wawancara. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif karena data berdistribusi tidak normal. Data kualitatif dianalisis secara tematik sehingga diperoleh faktor-faktor penyebab utama tinggi-rendahnya tingkat keterampilan menulis paragraf faktual topik IPA. Hasil penelitian: 1) hasil tes formatif keterampilan menulis sparagraf faktual topik IPA bagi siswa kelas X SMA berkategori rendah; 2) faktor utama yang menyebabkan rendahnya hasil tes formatif keterampilan menulis paragraf faktual topik IPA: a) buku Bahasa Indonesia untuk kelas X tidak memuat materi pembelajaran menulis paragraf faktual tetapi berisi pembelajaran menulis teks naratif; b) rendahnya sikap psikomotorik guru untuk menghadirkan bahan ajar keterampilan menulis paragraf faktual topik IPA; c) sikap bahasa siswa yang negatif.
Copyrights © 2024