Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) reproduksi teks prosedur topik matematika berbasis kelayakan isi dan kelayakan bahasa untuk siswa kelas VII SMP/MTs; 2) reproduksi teks prosedur topik IPA berbasis kelayakan isi dan kelayakan bahasa untuk siswa kelas VII SMP/MTs; 3) rencana pembelajaran teks prosedur topik matematika dan topik IPA di kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini berlangsung di pertengahan tahun 2024. Pedoman observasi digunakan untuk mengobservasi materi yang relevan dengan topik teks prosedur topik maematika dan topik sain. Daftar cek-ricek dipakai untuk memvalidasi teks prosedur yang direpoduksi dan memvalidasi data kelayakan isi dan kelayakan bahasa teks prosedur. Kelayakan isi teks prosedur topik matematika dan topik IPA dianalisis secara tematik-rasional. Kelayakan bahasa teks prosedur dinalisis menggunakan formula KIFMAR; sebuah formula keterbacaan Indeks Fog berbasis bahasa Inggris yang dimodifikasi untuk penggunaan uji keterbacaan teks bahasa Indonesia. Hasil penelitian: 1) reproduksi teks prosedur topik matematika berbasis kelayakan ini dan kelayakan bahasa untuk siswa kelas VII SMP/MTs berjumlah 10 teks prosedur; 2) reproduksi teks prosedur topik IPA berbasis kelayakan ini dan kelayakan bahasa untuk siswa kelas VII SMP/MTs berjumlah 3 teks prosedur. Hasil penelitian bidang kebahasaan ini bermanfaat bagi para guru Bahasa Indonesia karena artikel ini berpeluang untuk diimplementasikan dalam pembelajaran keterampilan membaca dan keterampilan menulis teks prosedur yang dipadukan dengan matematika dan dipadukan dengan IPA di kelas VII SMP/MTs.
Copyrights © 2025