Kresna: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat
Vol 4 No 2 (2024): Jurnal KRESNA November 2024

Uji Kelayakan Rancangan Media Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi CapCut Pada Mata Pelajaran Tik

Surani, Dewi (Unknown)
Inggit Eka Wahyuni (Unknown)
Fajar Hayyin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini fokus pada tujuan untuk merancang video pembelajaran menggunakan aplikasi CapCut dan mengetahui apakah media video pembelajaran layak atau valid. Diharapkan video pembelajaran yang menggunakan aplikasi CapCut ini akan meningkatkan daya serap dan minat siswa terhadap mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Menggunakan metode Research and Development (R&D) dimana secara spesifik menggunakan model 4-D, yang terdiri dari pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Siswa kelas VIII SMPIT Bina Bangsa adalah subjek dari penelitian ini. Data dikumpulkan melalui uji validasi atau kelayakan yang terdiri dari kuesioner yang diberikan kepada pakar media dan pakar materi. Hasil akhir dari uji kelayakan berdasakaran penilaian dua pakar media mencapai 97,00%, yang dianggap sangat layak, dan penilaian satu pakar materi mencapai 90,00%, yang dianggap sangat layak. Dengan demikian, video yang telah dibuat dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Kresna

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Social Sciences

Description

Jurnal KRESNA adalah media publikasi online hasil penelitian yang diterbitkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM), Universitas Budi Luhur. Topik pada Jurnal ini adalah: - Ilmu Komputer dan Teknik Elektro - Ekonomi dan Bisnis - Komunikasi dan Desain Kreatif - Ilmu Sosial dan ...