Penelitian ini fokus pada tujuan untuk merancang video pembelajaran menggunakan aplikasi CapCut dan mengetahui apakah media video pembelajaran layak atau valid. Diharapkan video pembelajaran yang menggunakan aplikasi CapCut ini akan meningkatkan daya serap dan minat siswa terhadap mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Menggunakan metode Research and Development (R&D) dimana secara spesifik menggunakan model 4-D, yang terdiri dari pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Siswa kelas VIII SMPIT Bina Bangsa adalah subjek dari penelitian ini. Data dikumpulkan melalui uji validasi atau kelayakan yang terdiri dari kuesioner yang diberikan kepada pakar media dan pakar materi. Hasil akhir dari uji kelayakan berdasakaran penilaian dua pakar media mencapai 97,00%, yang dianggap sangat layak, dan penilaian satu pakar materi mencapai 90,00%, yang dianggap sangat layak. Dengan demikian, video yang telah dibuat dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
Copyrights © 2024