Tingginya kasus cyberbullying kalangan pelajar.kesadaran akan bahaya cyberbullying. Pelajar tidak menyadari dampak negatif dari tindakan mereka di dunia maya.minimnya tentang literasi digital. Menyebarkan informasi palsu atau komentar bernada kebencian. Dalam kurikulum sekolah atau tidak diterapkan secara konsisten.pengaruh lingkungan sosial dan teknologi lingkungan yang permisif untuk melakukan atau membenarkan tindakan cyberbullying. Peran guru dan orang tua guru dan orang tua mengenai edukasi tentang bahaya cyberbullying. Edukasi ini dengan metode ceramah atau penyuluhan. Di lakukan pula diskusi kelompok.melatih pelajar untuk saling berbagi pandangan, dan mencari solusi bersama. Diberikan pelatihan literasi digital tentang bagaimana menggunakan media sosial secara etis, melindungi privasi,dan melaporkan tindakan cyberbullying.Memanfaatkan video, infografis, atau modul pembelajaran interaktif untuk menjelaskan bahaya cyberbullying dan cara pencegahannya. Metode partisipatif membuat peraturan kelas atau kelompok anti-bullying.peningkatan pengetahuan pelajar. Perubahan sikap. Pengurangan kasus cyberbullying.dukungan guru dan orang tua : edukasi tidak hanya diterapkan kepada siswa, tetapi juga melibatkan guru dan orang tua. Hasil menunjukkan bahwa siswa yang mendapat dukungan pengawasan lebih baik dari orang tua dan guru memiliki risiko lebih rendah untuk terlibat dalam cyberbullying. Edukasi memiliki peran yang sangat penting dalam mengurangi cyberbullying di kalangan pelajar. Pelajar dapat memahami dampak negatif cyberbullying, mengenali bentuk-bentuknya, serta membangun sikap empati dan tanggung jawab dalam berinteraksi di dunia maya.program edukasi yang efektif, seperti seminar, diskusi interaktif, kampanye anti-cyberbullying, dan pelatihan literasi digital, terjadi peningkatan kesadaran, perubahan sikap, dan pengurangan perilaku negatif di media sosial.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024