Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2024): Volume 02 Nomor 02 (Oktober 2024)

Optimalisasi Pembelajaran di SMKS Islam Pesantren Alam: Penguatan Kapasitas Guru melalui Teknologi AI

Awi Dassa (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Ammar Naufal (Universitas Negeri Makassar)
Sutamrin Sutamrin (Universitas Negeri Makassar)
Ahmad Zaki (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian dengan tema Optimalisasi Pembelajaran Menggunakan Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) bagi Guru di SMKS Islam Pesantren Alam merupakan program pengabdian yang bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan AI untuk mendukung pembelajaran. Fokus pelatihan ini adalah mengembangkan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif menggunakan Canva dan menyusun alat evaluasi adaptif melalui ChatGPT. Pelatihan ini meliputi pemahaman dasar tentang AI, langkah-langkah penggunaan Canva dan ChatGPT, serta pendekatan untuk menghadapi tantangan yang mungkin muncul selama penerapan. Metode yang diterapkan mencakup ceramah dan praktik langsung, yang memungkinkan peserta memahami konsep sekaligus menerapkannya dalam konteks pembelajaran mereka. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan dalam pemahaman dan keterampilan peserta, dengan umpan balik positif terkait relevansi materi dan manfaat praktis yang diterima. Dengan integrasi AI, diharapkan kualitas pembelajaran di sekolah dapat meningkat secara berkelanjutan, mendukung kesiapan guru menghadapi pendidikan abad ke-21

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Ininnawa

Publisher

Subject

Humanities Education Energy Engineering Public Health Social Sciences

Description

Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat is a scientific multidisciplinary journal published by Program Studi Manajemen, Universitas Negeri Makassar. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is to ...