ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel purposive sampling dan sampel yang digunakan terdiri dari 155 perusahaan periode pengamatan yang dilakukan 2016-2020. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang menggunakan data dari laporan keuangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan data diolah menggunakan program SPSS versi 23.0. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan
Copyrights © 2024