Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 6 No 01 (2024): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2024 - November 2024

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DESMOS CLASSROOM ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TRANSFORMASI GEOMETRI MENGGUNAKAN KONTEKS GREBEG MAULUD

Richelle Hindarto, Catherine (Unknown)
Sulistyani, Niluh (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Kesulitan belajar yang dialami peserta didik dalam materi transformasi geometri adalah kurangnya pemahaman konsep. Pembelajaran matematika yang menggunakan media pembelajaran berkonteks budaya yang dekat dengan peserta didik berpotensi meningkatkan pemahaman konsep.Perpaduan antara media pembelajaran yang interaktif dan konteks pembelajaran yang dekat dengan peserta didik dapat menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi transformasi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang akan mengembangkan media pembelajaran dengan model pengembangan ADDIE. Namun, tahap implementasi dilewatkan, karena media pembelajaran tidak diimplementasikan kepada peserta didik. Media pembelajaran disusun untuk menampilkan pergerakan Gunungan di tradisi Grebeg Maulud yang dikaitkan dengan materi translasi pada titik. Media pembelajaran yang dikembangkan memiliki skor validitas 91,5% atau termasuk ke dalam kategori sangat valid. Sehingga media tersebut berpotensi diimplementasikan kepada peserta didik di DIY maupun di luar DIY. Dengan adanya media pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat mengaitkan dan menemukan rumus dan konsep translasi secara mandiri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...