Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 6 No 01 (2024): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2024 - November 2024

IMPLEMENTASI TEORI BRUNER DALAM PEMBELAJARAN PERKALIAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI GILINGSARI TEMANGGUNG

Sarita, Sara (Unknown)
Sri Pratini, Haniek (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Covid-19 telah mengakibatkan kondisi pendidikan di Indonesia yang memprihatinkan, sehingga mendorong pemerintah untuk menginisiasi program “Kampus Mengajar” untuk membantu menghidupkan kembali pendidikan di Indonesia. Salah satu sekolah yang menjadi sasaran program “Kampus Mengajar” adalah SD Negeri Gilingsari Temanggung. Implementasikan teori belajar Bruner untuk membantu siswa SD Negeri Gilingsari dalam belajar matematika, khususnya kemampuan perkalian. Teori belajar Bruner dipilih karena teori ini menekankan pada penggunaan bentuk-bentuk representatif untuk mempermudah pemahaman siswa terhadap matematika. Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan alat peraga berupa gelas dan biji jagung untuk merepresentasikan perkalian bilangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak penggunaan teori belajar Bruner untuk mengajarkan tabel perkalian dari satu sampai sepuluh pada siswa kelas dua di SD Negeri Gilingsari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana data yang diperoleh akan dideskripsikan secara rinci sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan teori belajar Bruner, kemampuan perkalian siswa mengalami peningkatan. Perkembangan siswa ditunjukkan dengan kemampuan mereka memahami perkalian sebagai penjumlahan berulang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...